Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Nasional dan Internasional
share

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Nasional dan Internasional


Pada tanggal 16 Oktober 2021, Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sulawesi Barat mengadakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Nasional dan Internasional. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Prodi Pendidikan Matematika di tahun 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dosen dan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah. Selain itu, target pada kegiatan ini adalah memberikan gambaran tentang penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru pendidikan matematika.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Unsulbar Bapak Dr. Abdullah Pandang, M.Pd menyampaikan bahwa penulisan artikel ilmiah telah menjadi kebutuhan dan kewajiban di dunia akademisi. Tidak hanya di kalangan para dosen, mahasiswa pun dituntut untuk menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas sehingga dapat dipublikasikan baik pada jurnal nasional maupun internasional. 

Pada kegiatan workshop ini, Prodi Pendidikan Matematika Menghadirkan narasumber Bapak Dr. Ariyadi Wijaya, M.Sc. Beliau merupakan salah satu dosen Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Selain sebagai seorang dosen, narasumber juga menjadi Kepala Research Tim: Casio untuk Pendidikan Indonesia dan Konsultan Jangka Pendek di Program Pintar Yayasan Tanoto. 

Pada sesi inti, yang dipandu oleh Bapak Aprisal, M.Pd. diawali dengan membacakan cv narasumber dan pengalaman-pengalaman narasumber melakukan penelitian hingga menghasilkan artikel ilmiah. Pada sesi penyampaian materi, narasumber membagi menjadi tiga bagian yang terdiri dari jenis-jenis artikel ilmiah, langkah penting untuk menulis artikel ilmiah, dan struktur artikel ilmiah. Sesi selanjutnya adalah sesi diskusi dengan memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang dibawakan narasumber. Sesi terakhir pada kegiatan workshop ini adalah sesi dokumentasi untuk penyerahan sertifikat secara simbolis kepada pemateri

Adapun harapan dari panitia dan Prodi Pendidikan Matematika adalah dosen dan mahasiswa mampu menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas sehingga layak untuk diterbitkan di jurnal nasional maupun internasional.

share
Load More